Thursday 28 April 2016

TUGAS TERSTRUKTUR MANDIRI (INDIVIDU) 12

TUGAS TERSTRUKTUR MANDIRI
(INDIVIDU)

Topik                                  : Keutamaan dan Tokoh teladan dalam mencari Ilmu
Kelas /Semester                 : X / II (Dua)
Paket Keahlian                   : ………………………………………
Hari /Tanggal                     : ………………………………...…….
Pertemuan Ke                    : 12 (Dua Belas)

Nama
:

No.Abs
Kelompok
:



Petunjuk:
1.    Carilah artikel atau kisah-kisah tentang tokoh atau ilmuan islam. Artikel tersebut isinya mencakup bagaimana saat beliau masih belajar menuntut ilmu atau ketika akan menghasilkan karyanya (penemuan)
2.    Simpulkan isi artikel tersebut minimal menjadi 3 poin utama.
3.    Sertakan sumber dari artikel atau tersebut
4.    Kemukakan argumentasimu, mengapa umat islam saat ini jauh tertinggal dengan umat yang beragama lain, padahal dahulu mereka belajar dari islam!
5.    Bagaimana solusi agar umat islam kembali menguasai ilmu pengetahuan seperti masa lalu

 IBNU RUSHD (AVERROES)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjol1lnsmzzd-ruuGQOYGNJof5HDLRfENoRVew5OWqlBeXBoxHZkv6QLZyCcuaWwvzRxRU14ZApvnkig8rLyXkuudMxTic8bxWEBGS1TWOXGRgVHIo6__6xSQMQKFY3a4C-uQUCN2Fex-E5/s1600/ibnu+Rushd.jpg
Abu Walid Muhammad bin Rusyd lahir di Kordoba (Spanyol) pada tahun 520 Hijriah (1128 Masehi). Ayah dan kakek Ibnu Rusyd adalah hakim-hakim terkenal pada masanya. Ibnu Rusyd kecil sendiri adalah seorang anak yang mempunyai banyak minat dan talenta. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, dan filsafat. Ibnu Rusyd mendalami filsafat dari Abu Ja'far Harun dan Ibnu Baja.

Ibnu Rusyd adalah seorang jenius yang berasal dari Andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. Masa hidupnya sebagian besar diberikan untuk mengabdi sebagai "Kadi" (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang mempengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas Aquinas. Banyak orang mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum.Pemikiran Ibnu Rusyd

Karya-karya Ibnu Rusyd meliputi bidang filsafat, kedokteran dan fikih dalam bentuk karangan, ulasan, essai dan resume. Hampir semua karya-karya Ibnu Rusyd diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani (Yahudi) sehingga kemungkinan besar karya-karya aslinya sudah tidak ada.

Filsafat Ibnu Rusyd ada dua, yaitu filsafat Ibnu Rusyd seperti yang dipahami oleh orang Eropa pada abad pertengahan; dan filsafat Ibnu Rusyd tentang akidah dan sikap keberagamaannya.

Karya :
·Bidayat Al-Mujtahid (kitab ilmu fiqih)
·Kulliyaat fi At-Tib (buku kedokteran)
·Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa Asy-Syari’at (filsafat dalam Islam dan menolak segala paham yang bertentangan dengan filsafat)

1.       karena umat Islam terlalu lalai dengan kehidupan di dunia ini, terlalu lalai dengan gaya hidup orang barat, kebiasaan orang barat dan lain-lain. Umat Islam sekarang lebih mementingkan kehidupan dunia dibandingkan akhirat, sehingga mereka meninggalkan kebiasaan dalam beragama Islam contohnya seperti jauh dari Al-Qur'an, mereka lebih gemar mendengar musik dibandingkan lantunan ayat suci Al-Qur'an. selain itu mereka tidak lagi menuntut ilmu akhirat, karena terlalu mementingkan duniawi. oleh karena itu umat Islam zaman sekarang jauh tertinggal dengan umat yang lain, padahal sebenarnya semua yng dipelajari oleh agama lain berasal dari pedoman umat Islam yaitu Al-Qur'an
2.       bukannya tertinggal malah hampir  semua teknologi disini adalah hasil ilmuan ilmuan umat islam yang bahkan banyak tidak di kenal orang.
saya pernah baca bahwa kalo tidak salah logaritma adalah temuan ilmuan  islam lihat sekrang komputer HP dll bs bekerja karena ada logaritma jika tidak ada logaritma yah tidak ada
3.       cuma ingin menambahkan saja, kebanyakan mereka terlalu sibuk memikirkan duniawi tanpa memikirkan keadaan setelah mati, tanpa memikirkan adanya akherat nanti .
mereka sibuk dengan perubahan zaman yang semakin modern, ujung-ujungnya, mereka terpengaruh dengan dunia luar yang justru malah jauh dengan islam
pada umumnya,semua manusia diciptakan dengan sebuah akal fikiran yang sama, dengan fikiran dan otak yang sama, seiring perkembangan zaman,manusia mulai mempunyai alat2 yang canggih seperti hp,mengapa manusia di era modern lebih bodoh? karna mereka hanya menggunakan 1% dari kapasitas otak yang mereka miliki, bagaimana cara umat islam menjadi pintar seperti zaman dahulu?
1.belajar,tentu saja
2. jangan bermain hp kecuali ada hal yang SANGAT PENTING
3. berfikir dengan inovatif,kreatif dan efektif
4.kurangi waktu bermain
5. kembangkan hal yang memang anda sukai
mungkin itu cukup membantu,namun semua tergantung kehendak sang maha esa
. lebih banyak mencari tahu hal hal yang berhubungan dengan islam
2. menggunakan media sosial sebagai hal yang positif
3. membaca dan memahami bacaan al-qur'an
4. membaca sejarah sejarah islam dan para nabi 
Solusinya adalah dengan memberikan motivasi kepada umat islam bahwa pengetahuan itu sangat penting untuk dipelajari karena ada ayat yang menjelaskan tentang hal itu bahwa para malaikat akan meletakkan sayapnya kepada orang yang berjalan untuk menempuh ilmu pengetahuan.bahkan ilmu pengetahuan yang kita jalani akan di bawa sampai mati oleh karena tempuhlah ilmu sebanyak banyak karena ilmu yang baik itu akan membawa kita ke jalan yang benar seperti beberapa tokoh ilmu sains islam yang telah sukses menjalni ilmu pengetahuan yang ia miliki tanpa adanya rasa putus asa dan selalu optimis dari setiap percobaan yang ia lakukan. Semoga membantu
belajar dengan giat, belajarnya dengan niat, dan lebih mendalami ilmu agama
Pertama, umat Islam harus sadar dan memahami bahwa ilmu pengetahuan yang ada saat ini sebenarnya dibuat oleh umat Islam masa lalu.
Dengan begitu, umat Islam bisa termotivasi untuk belajar dengan giat, dan berusaha dalam ilmu pengetahuan

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home